Sagu keju lumer di mulut (nyummmiee)..

Sabtu telah tibaaaaaaaa !!!!!! itu artinya belajar memasak tiba. Belajar memasak di sini artinya memasak yang jarang saya masak (bukan masakan sehari-hari) seperti kue tradisional, kue kering, cake, lauk atau sayur yang agak ribet bumbu dan cara masaknya. Saya selalu excited kalau weekend tiba, karena saya jadi punya sedikit waktu longgar untuk eksperimen di dapur.

Serumah ini (kecuali si bungsu) adalah tipe yang suka ngemil dan makan maka harapan saya sederhana, saya ingin anak-anak dan suami jatuh cinta dengan masakan saya dan saya ingin dikenang oleh anak-anak ketika mereka besar nanti, saya ingin mereka ingat masakan bundanya ketika mereka sedang jauh dari rumah (hope). Semoga semangat belajar ini tidak memudar ya sampai saya tua nanti.

Tanggal 25 November 2018 kemarin saya coba buat kue kering sagu keju yang kalau dimakan lumer nyesss langsung di mulut. Buatnya juga ketika anak-anak masih aktiv main di rumah, beruntungnya saya punya patner (suami) yang baik yang membantu menjaga dan mengajak anak-anak bermain. Jadi meskipun kemarin saya kluthekan di dapur, daerah kekuasaan saya masih aman karena tidak dijajah oleh anak-anak karena mereka asyik bermain bersama, hanya kadang-kadang saja si bungsu panggil “abun abun abun” sambil nyium- nyium manja atau numplek-ke  bakul plastik yang isinya bawang merah putih kemudian dibuat mainan dan disebar sana sini.

Mari simpan resepnya, sebagai jalan keluar atas keterbatasan ingatan saya mengingat resep masakan;

Resep

Source @tintinrayner

Repost : @hen.christy

Rebake : me

200 gram Tepung Sagu
70 gram Gula Halus
75 gram Keju Parut
1 butir Kuning Telur
30 gram Margarin
70 gram Salted Butter mis: Anchor,Wijsman,Orchid
30 ml Santan Kental Instant mis: Kara

Taburan : Keju parut (saya tidak pakai taburan)

1 Sangrai tepung sagu sampai terasa kering & ringan,angkat tunggu sampai uap hilang,sisihkan
2 Panaskan Oven 150 derajat celcius (saya pakai oven tangkring)
3 Mixer margarin+butter+gula sekitar 2 menit,masukkan telur,mixer rata,lalu masukkan santan,mixer rata lagi,matikan mixer
4 Terakhir masukkan keju parut &tepung sagu yang sudah diayak
aduk pakai spatula sampai rata
5 Masukkan adonan dalam plastik segitiga lalu semprotkan diatas loyang yang sudah dioles atau dialasi kertas roti,taburi topping
6 Panggang dalam suhu 150 derajat selama 30 menit atau sampai keemasan renyah sesuaikan oven+selera yah

Pengalaman saya:

  1. Pakai oven tangkring yang tidak ada termometernya harus punya ilmu kebatinan dan ilmu kira-kira yang tepat, oh ya harus sering bawa senter untuk cek apakah warnanya sudah mulai berubah  😀
  2. Kemarin saya panggang dengan api sedang dari kompor gas, saya panggang 40 menit hasilnya agak kecoklatan, mungkin panggangnya bisa pakai waktu 35 menit, atau kembali lagi dikira-kira seperti yang saya bilang tadi ya, karena susah kasih patokan kalau pakai otang. Kalau hasil panggang kecoklatan, kejunya jadi terlalu kering dan kalau lagi batuk seperti saya malahan nanti kejunya bikin tenggorokan jadi gatel.
  3. Satu resep itu jadinya hanya 42 keping sagu keju ukuran sedang, atau 1 toples ukuran medium miliknya moorelife yang bentuknya kotak volume 900ml dengan ukuran 12,6cm x 11,3cm x 9cm

Semangat belajar !!!!

Warm Regards

Ratih Puspa Dewi

Diterbitkan oleh Ruang Kata

antusias penyuka hujan penyuka senja penyuka buku belajar memasak

2 tanggapan untuk “Sagu keju lumer di mulut (nyummmiee)..

    1. enak ini mbak tantri, saya juga suka apalagi langsung lumer.Nah ini yang masih jadi pertanyaan saya dan PR buat saya,gimana biar tampilannya bisa seperti yang dijual itu hehehehe,soalnya punya saya terlalu eksotis

      Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai