Percobaan membuat sweet bread ..

Weekend itu belajar!!!!! Itu quote pendamping saya yang lagi semangat belajar masak. Kenapa weekend, ya karena di weekend ini lah saya memiliki waktu yang sedikit luang untuk melakukan hal hal produktif (ciye…gaya banget bahasanya). Ya mau gimana lagi, karena memang bisanya efektif belajar otodidak ini ya di akhir pekan, meskipun seringnya sih saya kalau baking masih sambil jejeritan ngawasin anak-anak main, habisnya kakak sama adek ini selalu saja punya alasan untuk bertengakar, kalau tidak bertengkar kadang melakukan hal-hal aneh yang di luar dugaan saya yang bikin saya banyak-banyak istighfar.

Tanggal 23 Desember kemarin, akhirnya saya belajar lagi membuat roti manis untuk yang kedua kalinya setelah yang sebelumnya sempet gagal dan hasilnya keras. Happy banget kali ini lumayan berhasil dan suami suka karena rotinya ndak keras. Seperti biasa saya dapat resepnya dari instagram, saya lihat di IG nya cici liliana wijaya, cici nya baik hati lho karena setelah saya baking saya DM beliau tanya mengenai beberapa hal juga responnya baik dan cici lili ini sempet komentarin postingan saya di IG. Saya copas saja resepnya beliau disini, supaya nanti kalau mau bikin kue bisa cusss langsung intip lagi resepnya.


SWEET BREAD ( with whipping cream )
( versi 2 kuning telur )
Source : @liliana.wijaya68

Bahannya :
300 gr tepung komachi ( bread flour / high protein flour / tepung protein tinggi lainnya misal : cakra )
60 gr gula pasir
10 gr susu bubuk
5 gr fermipan / instant yeast
2 kuning telur + 40 gr whipping cream cair ( misal : Anchor ), tambahkan susu cair, timbang sampai mencapai = 220 gr
( susu cairnya suhu dingin kulkas )
30 gr butter
2 gr garam

Caranya :
Campur di mixer bowl tepung komachi, susu bubuk, fermipan, gula pasir, mixer dg kecepatan pelan sambil tuang cairan susunya
Setelah setengah kalis masukkan butter & garam
Mixer terus sampai kalis elastis ( window pane stage )

Bulatkan, istirahatkan selama kurang lebih 45 mnt sampai mengembang 2x nya

Kempiskan adonan, ulen dg lembut sebentar
Bagi2 sesuai selera, bulatkan, istirahatkan lg 10 mnt
Gilas spy udara yg terperangkap bisa keluar, isi dg isian sesuai selera, bentuk, letakkan di loyang yg sudah dioles mentega
Istirahatkan lagi 1 sampai 1,5 jam atau tergantung suhu ruangan
Oles dg susu cair waktu akan dioven

Panaskan oven 10 mnt sebelumnya, oven dg api atas bawah suhu kurang lbh 170 – 180 C sampai matang
Begitu matang keluar oven oles dg butter supaya mengkilat & lembut
Kalau sudah agak dingin segera bungkus roti dg plastik


Untuk hasil baking saya kemarin ada di gambar di bawah ini, belum terlalu bagus sih tapi menurut saya pribadi lumayan lah (hahaha…menghibur diri).

  • Kalau menurut saya belajar bikin roti manis itu yang susah ngadonnya, untuk mendapatkan adonan yang kalis elastis (window pane) seperti gambar pertama saya sendiri membutuhkan waktu sekitar 30 menit memakai hand mixer merk miyako. Hitung-hitung sekalian olahraga ya, karena berasa banget pegelnya waktu ngemixer adonan, apalagi saya masih amatir masih harus banyak belajar teknik mixer adonan. Kemarin juga agak kawatir sama mixer nya karena takut mixer nya panas dan kobong (kebakar), waktu nge-mixer juga sering on off in mixer supaya ada jeda mixernya biar adem sebentar, dan kemarin pun menurut saya hasil adonannya masih belum begitu window pane karena belum maximal ngadon saya sudah terpaksa harus berhenti mixernya karena sudah ada bau tidak enak dari mixer nya. Lihat gambar pertama, adonannya hanya bisa di jembreng selebar itu saja, misalkan di tarik lagi bakalan sobek adonannya, itulah yang saya bilang belum begitu window pane (masih harus banyak belajar lagi). Dan enaknya bikin roti manis itu banyak jeda waktu saat nunggu proofing, jadi bisa saya gunakan buat nyambi banyak hal, bisa saya manfaatin waktunya buat main sama anak dulu, mandiin kakak sama adik, atau bisa saya gunakan buat beberes rumah dulu, cuma ya itu jadi ndak sabar nunggu matengnya, kepingin segera nyicip.
  • Untuk soal resep, kemarin saya buatnya ada sedikit perbedaan di whipping cream nya, di resep nya ci lili pakainya whipping cream cair, tetapi kemarin saya cari whipping cream cair di daerah saya agak susah dan adanya whipping cream bubuk merk pondan, maklum mungkin karena sudah masuk perbatasan kota jadi tidak begitu lengkap tokonya. Kemarin saya juga sempet bingung gimana takarannya, akhirnya saya coba-coba saja lah semoga beruntung, kemarin saya tetap takar whipping cream bubuknya 40gr+susu cair dingin+2 kuning telur total timbangannya 220 gr. Padahal aturannya di kemasan untuk whipping cream bubuk dicampur dulu dengan air dingin kemudian di kocok, tetapi kemarin saya tidak pakai aturan itu, langsung saya campur dengan kuning telur dan susu dingin. Dan menurut saya hasil akhir rotinya tidak ada masalah sih.Semoga ketidak tahuan saya ini menjadi pembelajaran buat saya pribadi.
  • Bahan filling nya saya pakai selai stroberry dan DCC batangan. Untuk ngebentuk adonannya setelah dikasih filling apa memang susah ya, atau karena saya masih amatir ya??? Pertama, untuk filling DCC kemarin memang saya agak kebesaran motong-motong coklatnya jadi semakin susah ndapetin bentuk roti yang bulat sempurna (lihat foto kedua yang ada wijennya). Kedua, pakai filling strobery ini lebih kesulitan lagi saat ngebentuk rotinya, karena si selai maunya keluar dari adonan terus, dan karena teksturnya selai yang cair ini bikin adonannya jadi licin jadi mau ditutup ndak bisa, adonannya jadi ngebuka terus,akhirnya selainya bocor dan mbleber-mbleber (lihat foto kedua yang tanpa wijen).
  • Dan yang terakhir seperti biasa saya memanggangnya pakai oven tangkring alias otang, kemarin saya panaskan ovennya kira-kira 15 menit dengan api sedang dan untuk lama memanggang 30 menit memakai api sedang. Untuk memanggang dengan oven memang harus pakai ilmu kira-kira, jadi memang harus sering-sering praktik supaya hafal ya sama perkiraan pengaturan suhu dan lamanya memanggang.

Ayo semangat terus belajar, doing by learning ya bunda (menyemangati diri sendiri). Demi anak-anak dan suami yang seneng ngemil.

Salam Otang

Ratih Puspa Dewi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.